Ekonomi

Inspiratif, Santri Ponpes Minhajut Tullab Jombang Rintis Usaha Pertanian Hidroponik

Minggu, 08 November 2020 - 13:53
107.04k
Inspiratif, Santri Ponpes Minhajut Tullab Jombang Rintis Usaha Pertanian Hidroponik Muqorobin, santri Minhajut tullab Jombang. (Foto: Ponpes Minhajut tullab for TIMES INDONESIA)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Untuk meningkatkan perekonomian pesantren, seorang santri Ponpes Minhajut Tullab Jombang merintis usaha pertanian hidroponik.

Berbekal kemampuan yang didapat secara otodidak dan dari internet, Muqorobin memulai usahanya bertani hidroponik. Meskipun masih baru saja dirintis, usaha kecilnya ini, mulai mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

"Usaha ini untuk meningkatkan kreativitas para santri dan siswa siswi," katanya kepada TIMES Indonesia, Minggu (8/11/2020)

Menurutnya, selain untuk memacu kreativitas santri pondok, apa yang sudah dia lakukan itu juga bisa jadi media pembelajaran santri dan masyarakat si sekitar ponpes.

"Sekaligus bisa membuat peluang usaha," imbuhnya.

Dia berharap, rintisan usaha pertanian hidroponik ini bisa berkembang dan bisa hasil produksinya bisa masuk supermarket dan restoran sebagai target pasarnya. "Tetapi hal itu membutuhkan hasil panen yang tentunya berkualitas tinggi dan bisa bersaing dengan petani lain. Ketekunan, tekad, serta keuletan sangat dibutuhkan agar kami bisa mencapai tujuan tersebut," ujar santri santri Ponpes Minhajut Tullab Jombang itu. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.