Wisata

Cafe Al Baik Ciamis, Hadirkan Nuansa Alam hingga Pesawat Terbang

Rabu, 30 Desember 2020 - 07:30
85.17k
Cafe Al Baik Ciamis, Hadirkan Nuansa Alam hingga Pesawat Terbang Pesawat dan helikopter di Cafe Al Baik (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Kafe bernuansa alam banyak bermunculan baru-baru ini di Kabupaten Ciamis. Salah satunya yaitu Cafe Al Baik. Kafe nuansa alam ini memiliki 3 pusat daya tarik, yaitu pesawat, kafe dan venue.

"Di dalam kafe ini ada pesawat. Pesawat ini digunakan untuk edukasi. Khususnya, edukasi ini untuk masyarakat yang belum pernah naik pesawat atau belum pernah masuk bandara," ujar Agus Ismail, pengelola kafe kepada TIMES Indonesia Priangan Timur.

Pesawat tersebut bertujuan untuk edukasi, khususnya bagi anak-anak. Pengunjung akan diajarkan bagaimana simulasi menaiki pesawat. Mulai dari memasuki bandara (ticketing), sensor x-ray, lalu menaiki garbarata.

"Di dalam pesawat juga ada edukasi. Anak-anak akan mengenal apa saja yang ada dalam pesawat, di antaranya safety belt, posisi pilot, letak kamar mandi," tuturnya.

Selanjutnya edukasi ini akan dilanjutkan ke manasik kecil. Hal itu dilakukan agar anak-anak tahu harus bagaimana jika suatu saat nanti naik pesawat. “Selain itu, di dalam kafe ini kami ingin lebih menunjukkan nuansa alam," ucapnya.

Kafe nuansa alam ini dikelilingi banyak pohon kecil. Kursi dan bangku terbuat dari kayu dan ada lesehannya. Lantainya dilapisi sabut kelapa sehingga membuat lantai kafe ini seperti tanah yang berada di alam luar.

"Meskipun lantainya terbuat dari sabut kelapa, kita tidak perlu khawatir terbakar. Soalnya kita selalu siram lapisan bawah sabut kelapanya. Lapisan atasnya kita pakai sabut kelapa yang sudah diayak, sehingga terlihat bergelombang," jelasnya.

Kafe ini juga memiliki atap penutup, sehingga pengunjung tidak akan kehujanan. Di dalamnya juga terdapat live music. Menjelang malam, lampu-lampu neon kuning kecil akan menyinari kafe ini.

"Di kafe ini kami menyajikan masakan nusantara. Minumannya ada jus dan kopi. Makanan khas ada Nasi Goreng Al Baik yang tanpa kecap harganya Rp25 ribu. Di sini kisaran harga mulai dari Rp6 ribu sampai Rp30 ribu," ujarnya.

Kafe ini juga menyajikan kopi robusta dan arabica. Kisaran harganya mulai dari Rp12 ribu sampai Rp18 ribu.

"Di samping kafe ini terdapat venue outdoor. Itu biasa digunakan untuk acara pernikahan. Lantainya dihiasi rerumputan hijau kecil dan kursi-kursinya juga terbuat dari rotan agar lebih menunjukkan nuansa alam," paparnya.

Di sini juga terdapat hall (gedung). Hall ini digunakan bagi yang ingin menyewa acara pernikahan indoor."Kami melakukan pembatasan pengunjung saat pandemi ini. Kita juga tetap menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.

Kafe ini bisa menampung 300 orang. Ini biasa dikunjungi keluarga, sehingga menjadi favorit keluarga. Berbagai acara pernah diselenggarakan di tempat ini seperti pernikahan, ulang tahun dan acara komunitas motor.

"Kafe ini masih dalam tahap soft opening. Rencananya, grand opening dilaksanakan Januari tahun depan," ungkapnya.

Kafe ini buka setiap hari mulai jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Kafe ini berada di jalan Raya Cikoneng (margaluyu), Kabupaten Ciamis. Di belakang Dealer Yamaha JPM dan indomaret, dekat Yogya toserba Cikoneng.

"Ke depannya kita akan berinovasi untuk mengatasi kebosanan pengunjung. Kita akan buat kafe di dalam pesawat dan bioskop 5 dimensi," tuturnya.

Sementara respon pengunjung Cafe Al Baik di Kabupaten Ciamis ini, salah satunya dituturkan Rida yang berkata, "Kafe ini beda dari yang lain. Ada pesawatnya juga membuat kafe ini tambah unik dan menarik." (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.