Pendidikan

Peringati Hari Pahlawan, SDIT Ahmad Yani Malang Gelar Apel Virtual

Selasa, 10 November 2020 - 20:56
174.87k
Peringati Hari Pahlawan, SDIT Ahmad Yani Malang Gelar Apel Virtual Apel virtual Hari Pahlawan 2020 di SDIT Ahmad Yani Malang (Foto: SDIT Ahmad Yani Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Momen Hari Pahlawan 10 November 2020  dimanfaatkan SDIT Ahmad Yani Malang untuk meneladani karakter para pahlawan melalui Apel Virtual di Aula SDIT Ahmad Yani Malang, Jl Kahuripan 12 Kota Malang. 

Para peserta apel adalah seluruh guru dan karyawan yang berpakaian dengan tema kepahlawanan. Peserta virtual yang mengikuti jalannya apel juga seluruh peserta didik didampingi orang tua dari rumah melalui akun media sosial sekolah secara live streaming. 

Tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut adalah supaya peserta didik dan para guru semuanya dapat meneladani sosok pahlawan masa lalu, khususnya jiwa patriotisme yang menggelora di Surabaya oleh pidato Bung Tomo dan perjuangan arek-arek Suroboyo.

Nurdiah Rachmawati selaku Pembina Apel dan juga Kepala SDIT Ahmad Yani Malang menyatakan, "Perang kala itu memang mengangkat senjata, dan berhasil mengusir penjajah karena para pahlawan sangat disiplin. Kunci keberhasilan saat itu salah satunya adalah disiplin dalam segala hal. Sehingga kita semua saat ini dapat menikmati kemerdekaan berkat tumpahan darah pahlawan terdahulu yang senantiasa disiplin. Perjuangan mengusir penjajah secara fisik memang telah usai, namun apakah perjuangan telah selesai?"

Kepada para guru dan seluruh peserta didik, ia berpesan bahwa perjuangan kita saat ini adalah berupaya menjadi yang terbaik di bidang masing-masing. Apabila orang tua kita seorang TNI, maka jadilah TNI yang mencintai rakyatnya dan senantiasa berbuat baik. Apabila orang tua kita seorang pengacara maka jadilah pengacara yang terbaik dan amanah. Bila kita seorang guru, maka jadilah guru yang terbaik,  yang berprestasi dan senantiasa berinovasi. 

SDIT Upacara 2

"Pun hal nya anak-anak semuanya, jadilah siswa yang terbaik, siswa yang berprestasi,  mampu meneladani jiwa patriotism para pahlawan, yang mampu meneladani karakter para pahlawan khususnya dalam hal kedisiplinan," tegasnya.

Mengutip sebuah hadits shahih bahwa 'Innallaha yuhibbu idza ‘amila ahadukum ‘amala an yutqinahu' bahwa Allah sangat menyukai seseorang yang ahli di bidangnya masing-masing, seseorang yang ahli di bidangnya. "Sehingga marilah kita semuanya menjadi seseorang yang ahli dan expert di bidangnya masing-masing, sehingga kita semua dapat menjadi pahlawan masa kini," ajak Kepala SDIT Ahmad Yani dengan semangat membara.

Selain itu juga, pada momen saat ini diakui  penjajah terbesar adalah Covid-19 yang hadir hampir 1 tahun. Maka untuk melawannya, senjata paling ampuh adalah Kedisiplinan tersebut. 

"Selain itu juga senjata berikutnya adalah CUMASHAJAR - cuci tangan, pakai masker, gunakan handsanitasier, dan jaga jarak. Kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jaga diri sendiri dan orang-orang disekitar kita supaya sehat dengan senjata tersebut," pungkas Nurdiah Rachmawati.

SDIT Upacara 3

Kegiatan memperingati hari pahlawan tahun ini tidak hanya upacara virtual, tetapi juga Give Away atau pemberian hadiah oleh sekolah kepada seluruh peserta didik yang memberikan komentar terbaik di akun media sosial @sditahmadyani.

Peserta didik diminta menjawab 3 pertanyaan yakni siapakah tokoh pahlawan idolamu (pahlawan kemerdekaan), apa alasan memilih pahlawan tersebut, dan apa yang akan kamu lakukan dalam rangka mengisi kemerdekaan dengan meneladani pahlawan pilihanmu tersebut. Semua peserta didik berlomba-lomba memberikan jawabannya dengan didampingi  orang tua, sehingga tujuan internalisasi nilai nilai karakter pahlawan dapat dicapai melalui kegiatan ini. 

Selain mengenal sosok pahlawan idolanya di Hari Pahlawan tahun ini, tentu anak-anak peserta didik SDIT Ahmad Yani Malang akan mencari tahu biografi dari tokoh pahlawan tersebut dan besar harapan akan ditiru karakter serta berbagai keteladanan dari para pahlawan.  (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.