Olahraga

PSSI Stop Liga 1 2020, Persib Bandung: Harus Ada Langkah Baru Setelah Ini

Kamis, 21 Januari 2021 - 14:01
49.28k
PSSI Stop Liga 1 2020, Persib Bandung: Harus Ada Langkah Baru Setelah Ini Para pemain Persib Bandung saat menjalani latihan bersama di lapangan (foto: Instagram/Persib Bandung)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah tertunda berbulan-bulan sejak Maret 2020 lalu,  PSSI pada Rabu 20 Januari 2021, secara resmi menutup kompetisi Liga 1 2020. Kepastian ini tentu menuai banyak komentar dari klub anggota Liga 1 Indonesia.

Salah satunya adalah klub Persib Bandung. Mereka mendukung kebijakan tersebut dan mengaku bangga PSSI sudah berani mengambil langkah yang tepat apalagi saat ini dalam situasi yang sangat tidak sehat.

Namun, Persib Bandung meminta PSSI dan PT LIB segera membenahi rencana kompetisi selanjutnya. Dia memohon agar tidak membiarkan situasi berjalan begitu saja. Karena semua klub hidup dengan jalannya kompetisi.

Berikut statement lengkap dari manajemen Persib Bandung: 

Sampurasun

Semoga semua dalam keadaan sehat selalu. 

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan membatalkan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020. Keputusan tersebut diambil melalui rapat Exco PSSI, Rabu, 20 Januari 2021.

Keputusan itu sudah pasti berdampak pada semua klub sebagai peserta kompetisi, tak kecuali PERSIB.

Bagi PERSIB, dibatalkannya kompetisi 2020 karena kondisi kahar (force majeure), pandemi Covid-19, bagai buah simalakama. Ada dua sisi yang terasa. 

Apalagi, setelah Pangeran Biru menjalani persiapan hingga dengan penuh perjuangan dan pengorbanan menjalani Liga 2020. Sebelum dihentikan, PERSIB juga menjadi satu-satunya tim meraih poin sempurna.

Tak hanya itu, klub pun pasti mengalami kerugian secara finansial, waktu, tenaga dan lainnya. PERSIB pun menerima itu sebagai sebuah risiko.  Apalagi, hal itu sudah menjadi keputusan akhir PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia. 

Yang terpenting adalah, pengorbanan besar yang dilakukan semua pihak untuk sepakbola Indonesia selama ini tak boleh sia-sia.  

PERSIB berharap, pemangku kebijakan secepatnya memberikan kepastian untuk menatap hari-hari ke depannya. Apalagi, keputusan pembatalan kompetisi 2020 itu tak dibarengi dengan rencana terdekat yang akan dilakukan.

Sebab, sebagai klub sepakbola profesional, PERSIB hidup dari kompetisi dan kegiatan sepakbola. Perlu adanya kepastian jadwal Liga 2021 dan PSSI melakukan aktivasi kegiatan sepakbola selama menunggu dimulainya kompetisi Liga 2021.

Waktu yang ada pun harus dimaksimalkan dalam penyusunan kalender kompetisi. Mengikuti jadwal sepakbola Eropa bisa menjadi pertimbangan.

Jadi, Liga 2021 sebaiknya bisa dilakukan sesuai jadwal kalender Eropa pada bulan Agustus atau September. Untuk mengisi kekosongan waktu, sambil menunggu dimulainya liga, PSSI/LIB diupayakan mengadakan turnamen atau sejenisnya. 

Sepakbola Indonesia harus lebih baik. 

#NGAHIJI #MENANGBERSAMA

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.