Gaya Hidup

Simpan Manfaat, 5 Sayuran ini Tidak Perlu Dikupas Kulitnya

Minggu, 24 Januari 2021 - 01:29
47.34k
Simpan Manfaat, 5 Sayuran ini Tidak Perlu Dikupas Kulitnya Jenis sayuran yang yang tak perlu dikupas kulitnya. (WebstaurantStore)

TIMESINDONESIA, JAKARTASayuran merupakan bahan makanan yang dapat dimakan langsung maupun diolah terlebih dulu. Sayur mengandung aneka vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. 

Namun jika salah mengolahnya, bisa jadi kandungan dalam sayur dapat hilang begitu saja. Salah satu kesalahan dalam mengolah sayur adalah mengupasnya. 

Beberapa jenis sayur rupanya tak perlu dikupas kulitnya. Sebab dalam kulit tersebut terkandung manfaat luar biasa untuk tubuh. 

Sayur apa sajakah yang tidak perlu dikupas kulitnya?

1. Mentimun

Sayur berwarna hijau ini dapat laangsung dimakan ya. Biasanya orang suka mengonsumsi timun sebagai lalapan. Kulit timun yang berwarna hijau sebenarnya tidak perlu dikupas. Sebab lulit timun memiliki senyawa yang berfungsi mengeluarkan racum dalam tubuh. 

2. Kentang

Kulit kentang yang kecokelatan membuat kita wajib mengupasnya. Eits ternyata salah. Kulit kentang tak perlu dikupas, karena kandungan vitamin A pada kentang paling banyak terdapat di kulitnya. Jadi kulit kentang dapat meningkatkan pengelihatan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk membersihkan kulit kentang, gosok kulit kentang dengan spons kasar agar tanah yang menempel benar-benar dapat terangkat. 

3. Lobak

Lobak juga masuk dalam jenis sayur yang kulitnya tidak perlu dikupas. Sebab pada kulit lobak tersimpan banyak serat,magnesium, vitamin B6 dan kalsium. Wah sayang ya jika harus hilang!

4. Terong

Kulit terong mengandung mengandung fitonutrien antosianin yang disebut nasunin. Mereka adalah senyawa antioksidan yang berkhasiat memberikan nutrisi pada salah satu organ terpenting dalam tubuh, yaitu otak.

5. Wortel
 
Kulit wortel juga sebaiknya tidak dikupas ya. Wortel kaya akan polyacetylenes, zat yang saat ini sedang diteliti karena berpotensi membunuh sel kanker dalam uji coba di laboratorium. Zat tersebut juga memiliki kandungan antijamur, antibakteri, serta antiperadangan. 

Polyacetylenes hanya terdapat di bawah kulit wortel, karenanya sebaiknya konsumsi wortel tanpa dikupas atau dikupas tipis. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.