Gaya Hidup

Tips Praktis Cegah Bau Apek pada Cucian saat Musim Hujan

Minggu, 24 Januari 2021 - 05:27
45.79k
Tips Praktis Cegah Bau Apek pada Cucian saat Musim Hujan Pakaian yang sedang dijemur. (Pixabay)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat musim hujan, cucian sering tidak kering sempurna. Hal itu membuat pakaian menjadi bau apek. 

Selain karena tidak kering sempurna, bau apek juga dapat terjadi karena proses mencuci yang kurang tepat. 

Lantas bagaimana caranya agar cucian tidak berbau apek saat musim hujan?

1. Cucian benar-benar bersih

Perhatiakan saat Anda mencuci, apakah pakaian benar-benar sudah bersih? Hindari merendam cucian terlalu lama ya, karena bau apek juga dapat diakibatkan rendaman yang lama. Perhatikan juga saat membilas cucian. 

Jika menggunakan mesin cuci, perhatikan jumlah baju yang dicuci. Jangan sampai terlalu banyak ya. Jika cucian terlalu banyak cucian tidak dapat bersih sempurna. 

2. Gunakan pewangi

Pakai pewangi atau pelembut pakaian saat mencuci. Ini akan membantu pakaian lebih wangi tahan lama. 

3. Jemur berjarak

Tak hanya orang yang menerapkan jaga jarak saat pandemi, pakaian juga wajib jaga jarak saat dijemur di musim hujan. Pakaian yang dijemur terlalu rapat menghambat sirkulasi udara dan membuat baju apek. Jaga jarak pada jemuran ini juga akan membuat cucian lekas kering. 

4. Jemur di luar ruangan

Meski tak ada matahari atau sedang mendung, sebaiknya tetap jemur di luar ruangan ya. Angin di luar juga dapat membantu mengeringkan pakaian. Tapi perlu waspada, jika hujan tiba-tiba turun segera selamatkan cucian Anda. 

Jika memang tidak ada lahan untuk jemur baju di luar ruangan, manfaatkan kipas angin. Meletakkan kipas angin di ruang jemuran adalah ide terbaik saat musim hujan.

5. Segera setrika pakaian

Jika sudah kering sebaiknya segera setrika pakaian Anda. Menumpuk pakaian yang sudah kering dapat menyebabkan kelembapan. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.