Gaya Hidup

Sama-Sama Berupa Mi Putih, Tapi Soun dan Bihun Berbeda Lho!

Selasa, 26 Januari 2021 - 01:22
60.11k
Sama-Sama Berupa Mi Putih, Tapi Soun dan Bihun Berbeda Lho! Bihun dan soun (FOTO: thespruceeats.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kadang kita sering salah menerka antara bihun dan soun. Kedua jenis makanan ini memang serupa, bentuknya mi berwarna putih.

Tapi ternyata keduanya berbeda lho. Berikut perbedaan soun dan bihun, supaya tak salah lagi.

1. Bahan dasar

Mi putih ini jelas berbeda dari bahan dasar pembuatnnya. Bihun terbuat dari tepung beras sedangkan soun dari pati kacang hijau. Namun beberapa produsen juga menggunakan tepung jagung, sagu, atau pati kentang, ubi dan singkong. 

2. Karakteristik mi 

Bahan dasar pembuatan yang berbeda, juga mempengaruhi tekstur mi. Bihun cenderung kusan dan tekstur mudah patah. Saat kering atau basah kasakter tersebut tetap sama. 

Sedangkan soun saat kering berwana putih transparan, lentur dan teksturnya lebih kuat. Saat basah mi soun menjadilebih tebal, kental dan licin. 

3. Cara memasak

Cara mengolah bihun dan soun sebenarnya mirip. Dapat hanya diseduh dengan air panas. Jika bihun memerlukan waktu yang lebih singkat hingga mi benar-benar lembek. Soun memerlukan waktu yang agak lama, bisa mencapat 15 menit perendaman sebelum akhirnya mi siap diolah. 

4. Kandungan nutrisi

Bihun seberat 180 gram mengandung 192 kalori, 44 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, dan 33 mg natrium (garam). Dalam porsi yang sama, soun punya 121 gram karbohidrat, 291 kalori, dan 14 mg natrium. Keduanya sama-sama sumber karbohidrat yang rendah lemak.

Walaupun sedikit, bihun dan soun juga mengandung vitamin. Terdapat vitamin B kompleks (niasin, riboflavin, dan folat) dan mineral (fosfor, kalsium, dan magnesium).

Jadi Anda lebih suka yang mana, bihun dan soun? Keduanya sama-sama enak ya. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.