Gaya Hidup

Ratusan Lagu Kpop Hilang dari Kakao M, Spotify Jadi Trending di Twitter

Senin, 01 Maret 2021 - 12:18
Ratusan Lagu Kpop Hilang dari Kakao M, Spotify Jadi Trending di Twitter Ilustrasi Spotify yang jadi trending twitter karena lagu kpop hilang dari Kakao M. (FOTO: Thomas Trutschel/Getty Images)

TIMES BOYOLALI, JAKARTA – Lagu-lagu Kpop yang didistribusikan oleh Kakao M sudah tidak ditemukan lagi di Spotify sejak 1 Maret 2021. Ini yang menjadi alasan Kakao M trending di Twitter.

Jadi, musisi yang lagu-lagu Kpop-nya didistribusikan oleh Kakao M yang menghilang dari spotify, sebuah aplikasi streaming. 

Kakao M telah menghapus semua lagu yang mereka distribusikan melalui Spotify di semua wilayah seluruh dunia.

Spotify mengonfirmasi bahwa konten musik yang didistribusikan oleh Kakao M telah memasuki masa kedaluwarsa lisensi mereka.

Dalam keterangan resminya, Spotify menyatakan seharusnya persetujuan pembaruan lisensi itu dilakukan agar musik-musik tersebut dapat tetap didengar di Spotify.

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir," kata Spotify, dikutip dari Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Kakao M mendistribusikan banyak musik dari agensi KPop terbesar, sejumlah lagu dari grup musik akhirnya benar-benar menghilang dari platform.

Artis yang lagu-lagunya hilang dari Spotify, di antaranya MAMAMOO, Seventeen, IU, MONSTA X, GFriend, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE.

Kemudian BTOB, APink, P1Harmony, Dreamcatcher, EPIK HIGH, SISTAR, CRAVITY, Cosmiz Girls, dan masih banyak lainnya.

Hilangnya lagu-lagu Kpop itu yang membuat ramai jagat dunia maya Twitter. Banyak penggemar Kpop yang menyayangkan keputusan tersebut.

"Mau beraktifitas tapi kyk kehilangan teman, buka spotify tapi kosong. playlist berangkat kerjaku hilang," cuit akun @pencaridialog disertai emoji menangis.

"Kalau diskografi GFriend tidak ada di Spotify lalu apa pentingnya?" tulis akun @crossroads_mp3 yang disertai emoji menangis.

"Buyar semuanya gaada yg bisa didengerin lagi di spotify," cuit akun @Lilyyaaa_ disertai tangkapan layar lagu-lagu ONEUS.

Terlepas dari berakhirnya kontrak kerja dengan Kakao M, pihak Spotify memberi sinyal adanya bekerja sama kembali dengan Kakao M terkait lagu-lagu Kpop. Pihak Spotify juga membantah rumor terkait peluncuran platform streaming dari Korea Selatan, MelOn. (*)


 

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.