Gaya Hidup

Kaya Antioksidan, Wortel Mampu Tingkatkan Kesuburan Pria

Sabtu, 23 Januari 2021 - 04:30
54.49k
Kaya Antioksidan, Wortel Mampu Tingkatkan Kesuburan Pria Wortel dapat meningkatkan kesuburan pria (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA –  

Selama ini wortel dikenal sebagai sayur yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Itu karena wortel kaya akan vitamin A. Namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa wortel juga mampu meningkatkan kesuburan pria.

Dilansir dari Boldsky, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 30-80 persen subfertilitas pria disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif pada sperma. Kondisi ini terjadi pada satu dari 20 pria.

Perlu dicatat, sperma sangat sensitif terhadap kerusakan oksidatif karena tidak mengandung sistem perbaikan sel seperti sel lain. Inilah sebabnya mengapa kerusakan sel akibat radikal bebas dikaitkan dengan air mani yang buruk dan penurunan tingkat pembuahan dan kehamilan.

Sayur berwarna oranye ini mengandung nutrisi penting seperti karotenoid, serat makanan, vitamin, mineral hingga antioksidan.

Nah antioksidan inilah yang dapat meningkatkan kualitas sperma dengan cara membasmi radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif. 

Selain itu antioksidan pada wortel juga mengurangi peradangan kronis dan kerusakan DNA. Sehingga meningkatkan kualitas dan fungsi dari air mani. 

Meski demikian, wortel bukanlah satu-satunya faktor untuk meningkatkan kesuburan pria. Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa asam folat, vitamin D, dan asam lemak omega-3 juga berkontribusi atas peningkatan kesuburan pria. (*)


 

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.