Gaya Hidup

Awas Beracun, Begini Cara Olah Kacang Merah yang Benar

Rabu, 27 Januari 2021 - 06:02
48.82k
Awas Beracun, Begini Cara Olah Kacang Merah yang Benar kacang merah. (FOTO: Mommyasia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKacang merah dapat diolah menjadi sajian lezat baik dessert seperti patbingsoo maupun menu utama seperti sup kacang merah. 

Namun jika Anda salah mengolahnya kacang merah akan terasa keras atau bahkan keracunan. Sebab kacang merah mengandung senyawa fitohemaglutinin yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.

Lantas bagaimana cara mengolah kacang merah yang benar? 

1. Pilih kacang merah berkualitas

Kacang merah yang berkualitas akan membuat hasil masakah lebih sedap. Pilihlah kacang merah yang segarm tak ada kerutan, bentuk biji yang sempurna, tak anak kotoran yang menempel, tidak bertunas dan tidak berbau busuk, serta yang terpenting warna merah segar.

Jika Anda membeli kacang merah yang sudah direbus, sebaiknya perhatikan aroma kacang, pastikan tidak berbau asam ya. Tidak berlendir dan sudah empuk. 

2. Cuci dengan air mengalir

Cuci kacang merah dengan air mengalir, pastikan tak ada kotoran yang menempel. Sedangkan untuk kacang merah yang sudah rebus, cuci dan pastikan air rendamannya sudah luntur dan terasa kesat. 

3. Rendam dalam air matang

Setelah bersih, rendam kacang merah di air matang suhu ruang. Perendaman ini bertujuan membuat empuk kacang merah agar nantinya lebih mudah diolah. Pastikan seluruh bagian kacang terendam dengan sempurna ya. Diamkan selama 1-2 jam. Untuk kacang merah kering Anda harus merendam lebih lama lagi, bisa sampai 12 jam. 

4. Rebus dengan api sedang

Selanjutnya rebus kacang merah dengan api sedang selama 2 jam. Saat merebus, kacang merah harus terendam semua ya. Jika air menyusut segera tambahkan air. Beri garam saat merebus, untuk meminimalisir lektin pada kacang merah. 

5. Siram dengan air dingin

Setelah matang dengan tekstur yang empuk, angkat dan tiriskan kacang merah. Siram dengan air dingin dan tiriskan kembali. Nah kacang merah siap diolah menjadi makanan favorit Anda. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.