Gaya Hidup

Harga Melangit, Ini Cara Simpan Cabai Agar Awet

Minggu, 24 Januari 2021 - 04:51
45.37k
Harga Melangit, Ini Cara Simpan Cabai Agar Awet Cabai. (foto: )

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masakan Indonesia didominasi dengan rasa pedas yang didapat dari cabai. Harga cabai dipasaran pun tak tentu, bisa mahal sekali, namun bisa tiba-tiba merosot tajam.

Sayangnya cabai sendiri tak dapat tahan lama, mudah busuk. Jika sudah begitu akan berakhir di tempat sampah. 

Agar yang mubazir buang cabai, berikut tips simpan cabai.

1. Disimpan di kulkas

Cabai yang baru dibeli segera dicuci dan ditiriskan. Jika sudah bebar-benar kering, masukkan dalam wadah kedap udara. Namun sebelumnya berikan alas tisu dapur pada wadah tersebut. Masukkan cabai dan beri beberapa bawang putih.

Bawang putih akan menjaga cabai tetap segar karena mengandung antibakteri. Oiya, tangkai cabai tak perlu dilepas ya, karena dapat menunda pembusukan. 

2. Dibekukan

Menyimpan cabai juga dapat dengan cara dibekukan. Langkahnya cuci bersih cabai, dan sortir cabai mana yang bagus dan jelek. Lalu masukkan dalam plastik klip untuk sekali pakai. Anda dapat mengeluarkannya beberapa saat sebelum mengolahnya. 

3. Dikeringkan

Selain dibekukan, cara lainnya adalah dikeringkan. Syaratnya harus ada panas yang cetar ya, agar cabai bisa kering sempurna. Cabai akan mengecil dan berkerut, tandanya cabai benar-benar kering. 

Selain dijemur di bawah sinar matahari, cabai juga dapat dikeringkan dengan cara dioven. 

Setelah kering Anda dapat memasukkan cabai kering pada sebuah wadah, atau dapat ditumbuk dulu, hingga menjadi bubuk cabai. 

Jangan khawatir, cabai kering tetap pedas kog. 

3. Pakai minyak zaitun

Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengawetkan cabai. Caranya cabai dioven hingga kering. Lalu masukkan dapat wadah kaca yang sudah steril. Tambahkan minyak zaitun hingga terendam semua cabai. 

4. Dijadikan pasta

Cabai berbetuk pasta juga awet lho! Caranya rebus cabai dan haluskan menggunakan blender. Setelah halus, pasta cabai harus ditumis hingga matang. Cara mengetahui pasta cabai matang dari aroma dan warnanya yang berubah. 

Masukkan dalam wadah setelag pasta cabai sudah benar-benar dingin. 

5. Dijadikan asinan

Asinan merupakan cara alami untuk mengawetkan buah. Namun teknik ini juga dapat dilakukan pada cabai. Caranya juga cukup mudah memotong cabe merah secara memanjang, lalu masukkan cabe merah ke wadah yang sudah ditambahi cuka, gula, garam, dan air matang. Setelah itu, simpan wadah asinan cabe merah ke dalam kulkas. 

Jika khawatir rasanya yang berubah, cuci cabai dengan air hangat sebelum digunakan. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.