Ekonomi

Wapres RI KH Ma'ruf Amin: GNWU Menandai Permulaan Transformasi Wakaf Modern

Senin, 25 Januari 2021 - 15:36
73.08k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin: GNWU Menandai Permulaan Transformasi Wakaf Modern Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWapres RI KH Ma’ruf Amin menilai peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) menandai permulaan transformasi wakaf modern dan menjangkau pewakaf dari berbagai kalangan.

"Gerakan Nasional Wakaf Uang, yang dicanangkan oleh Bapak Presiden, menandai dimulainya transformasi pelaksanaan wakaf yang lebih luas dan modern," ucap Wapres dalam peluncuran GNWU di Istana Negara Jakarta, Senin (25/1/2021).

Transformasi pertama disebutkan Wapres KH Ma'ruf Amin, ialah memperluas jenis wakaf yang tidak lagi berupa properti dan tanah untuk kegiatan peribadatan. Hal ini, sesuai UU No 41 Tahun 2004 tentang Wakaf.

"Sesuai UU No 41 Tahun 2004 tentang wakaf, harta benda wakaf diperluas tidak hanya benda tidak bergerak, seperti tanah dan bangunan, tetapi juga meliputi benda bergerak berupa uang dan benda bergerak selain uang, seperti kendaraan, mesin, logam mulia dan surat berharga syariah," jelasnya.

Kedua, lanjut Wapres, transformasi wakaf terjadi di sektor pengelolaannya. Pembenahan tata kelola pemangku kepentingan wakaf benda bergerak dimulai dengan perbaikan pengelolaan wakaf uang, yang akan dilakukan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama Badan Wakaf Indonesia (BWI).

"Sebagai awal pembenahan, Bank Syariah Mandiri akan bertindak sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) dan Mandiri Manajemen Investasi sebagai pengelola dana wakaf. Produknya dinamakan Wakaf Uang Berkah Umat," kata Wapres.

Dijelaskan, transformasi pengelolaan wakaf uang memerlukan nazir. Mereka harus mendapat uji standarisasi untuk dapat mewujudkan transformasi wakaf berkualitas di Indonesia.

"Transformasi pengelolaan wakaf uang memerlukan nazir, atau penerima dan pengelola wakaf, yang kompeten dan berkualitas. Para nazir harus distandarisasi dengan uji kompetensi sebagai nazir wakaf uang," sebut Wapres RI KH Ma’ruf Amin di acara peluncuran GNWU. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.