Berita

Setelah Divaksin Covid-19, Presiden Jokowi: Protokol Kesehatan Tetap Dilaksanakan

Rabu, 27 Januari 2021 - 12:12
44.64k
Setelah Divaksin Covid-19, Presiden Jokowi: Protokol Kesehatan Tetap Dilaksanakan Presiden RI Jokowi memberikan keterangan setelah disuntik vaksin Covid-19 Sinovac di Istana negara. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) menyampaikan, pada cuaca sejuk pagi Rabu (27/1/2021) tadi, dia menjalani vaksinasi Covid-19 kedua di pelataran kompleks istana.

"Sama seperti vaksinasi Covid-19 yang pertama dua pekan lalu, suntikan ke lengan kiri saya kali ini juga tak terasa sakit," tulis Jokowi dalam Instagram resminya dikutip TIMES Indonesia.

Selain itu, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, meskipun sudah divaksin, harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal itu dikarenakan, vaksin Covid-19 bukanlah obat.

Presiden RI Jokowi a

"Tetap disiplin memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak. Selain itu, selalu menghindari kerumunan dan mengurangi perjalanan yang tidak perluh," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Reisa Brotoasmoro, vaksinasi dosis pertama bertujuan untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh. Dosis pertama ini dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal.

Selang 14 hari dari pemberian dosis pertama, dilanjutkan dengan suntikan kedua yang bertujuan untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.

“Dua dosis suntikan ini akan memicu respons antibodi yang lebih optimal dan lebih efektif di masa yang akan datang,” ujarnya. Reisa mengatakan, antibodi tersebut baru akan optimal 14-28 hari setelah suntikan kedua dilakukan. Presiden RI Jokowi pun sudah di suntik vaksin Covid-19. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Boyolali just now

Welcome to TIMES Boyolali

TIMES Boyolali is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.